cara ganti kanvas rem mobil
Untuk membongkar kampas rem mobil
diperlukan beberapa peralatan atau tool:
1.Dongkrak untuk mengangkat roda depan
2.Kunci Roda
3.Kunci Pas,Ring atau kunci shock 12mm atau 14mm untuk buka baut pen caliper
4.Track untuk mendorong Piston Rem
5.Rubber Grease atau Pasta Caliper
6.SST untuk mendorong piston rem
1.Dongkrak untuk mengangkat roda depan
2.Kunci Roda
3.Kunci Pas,Ring atau kunci shock 12mm atau 14mm untuk buka baut pen caliper
4.Track untuk mendorong Piston Rem
5.Rubber Grease atau Pasta Caliper
6.SST untuk mendorong piston rem
Berikut Langkah-langkah atau Cara
bongkar rem cakram mobil untuk ganti kampas rem :
1.Siapkan kampas rem baru atau brake pads dan kendorkan semua mur roda yang mau di bongkar brake pad atau kampas rem nya.
2.Dongkrak mobil bagian depan, di belakang roda yang mau di buka kampas rem nya
3.Lepas semua mur roda dengan kunci roda, mobil ada yang menggunakan 4 atau 5 mur roda
4.Buka roda,lepaskan dari hub roda,sehingga akan tampak gambar disc brake seperti di bawah ini.
5.Gunakan kunci 12 atau 14 untuk buka pen caliper bagian bawah dan buka pegangan slang minyak rem karena terkadang ada tipe mobil susah buka caliper tanpa buka pegangan slang minyak rem.
6.Tarik Caliper ke atas setelah baut pen caliper terbuka, seperti gambar di bawah ini
7.Buka dengan tarik kampas rem keluar ke arah samping dan jangan lupa cek kondisi pelumasan pen caliper, pen caliper harus dengan mudah bisa ditarik atau didorong. Jika pen caliper terasa keras saat di tarik atau di dorong kemungkinan pelumasnya kering dan bisa menjadi penyebab rem bunyi. Buka pen caliper bersihkan dengan kain dan beri pelumasan yang tipis menggunakan pasta caliper atau rubber grease.
Penggunaan rubber grease untuk mencegah kerusakan pada boot atau karet pada pen caliper, akibat lebih lanjut jika boot rusak atau robek karena pemakaian grase akan membuat debu masuk ke pen caliper dan membuat pen caliper macet yang pada akhirnya membuat rem bunyi atau getar ketika melakukan pengereman.
Perhatikan posisi plat yang ada di belakang kampas rem, kampas rem ada yang menggunakan wear limit tertanam pada brake pads tetapi ada juga yang menggunakan plat di belakang kampas rem untuk indikator wear limit atau indikator ketebalan kampas rem.
1.Siapkan kampas rem baru atau brake pads dan kendorkan semua mur roda yang mau di bongkar brake pad atau kampas rem nya.
2.Dongkrak mobil bagian depan, di belakang roda yang mau di buka kampas rem nya
3.Lepas semua mur roda dengan kunci roda, mobil ada yang menggunakan 4 atau 5 mur roda
4.Buka roda,lepaskan dari hub roda,sehingga akan tampak gambar disc brake seperti di bawah ini.
5.Gunakan kunci 12 atau 14 untuk buka pen caliper bagian bawah dan buka pegangan slang minyak rem karena terkadang ada tipe mobil susah buka caliper tanpa buka pegangan slang minyak rem.
6.Tarik Caliper ke atas setelah baut pen caliper terbuka, seperti gambar di bawah ini
7.Buka dengan tarik kampas rem keluar ke arah samping dan jangan lupa cek kondisi pelumasan pen caliper, pen caliper harus dengan mudah bisa ditarik atau didorong. Jika pen caliper terasa keras saat di tarik atau di dorong kemungkinan pelumasnya kering dan bisa menjadi penyebab rem bunyi. Buka pen caliper bersihkan dengan kain dan beri pelumasan yang tipis menggunakan pasta caliper atau rubber grease.
Penggunaan rubber grease untuk mencegah kerusakan pada boot atau karet pada pen caliper, akibat lebih lanjut jika boot rusak atau robek karena pemakaian grase akan membuat debu masuk ke pen caliper dan membuat pen caliper macet yang pada akhirnya membuat rem bunyi atau getar ketika melakukan pengereman.
Perhatikan posisi plat yang ada di belakang kampas rem, kampas rem ada yang menggunakan wear limit tertanam pada brake pads tetapi ada juga yang menggunakan plat di belakang kampas rem untuk indikator wear limit atau indikator ketebalan kampas rem.
8.Setelah kampas rem di buka, biar
tidak lupa pindahkan plat yang ada di kampas rem lama ke kampas rem baru.
9. Dorong piston kaliper ke
belakang, hal ini untuk menyesuaikan dengan ketebalan kampas rem baru, saat
mendorong piston jangan lupa perhatikan minyak rem yang ada di reservoir minyak
rem. Karena minyak rem akan naik ketika piston rem di dorong ke belakan,
bertujuan agar tidak sampai tumpah supaya tidak merusak cat yang ada di bawah
reservoir minyak rem.
Alat atau SST untuk mendorong piston
rem tidak harus memakai trek seperti gambar dibawah.
Tetapi juga bisa menggunakan bekas kampas rem yang mau diganti untuk mendorong atau memundurkan piston rem dengan bantuan kunci roda,seperti gambar di bawah ini. Dorongan pelan sesuai arah panah pada kunci roda, akan membuat piston mundur, kalau di dorong keras akan percuma karena piston rem akan melawan.
Tetapi juga bisa menggunakan bekas kampas rem yang mau diganti untuk mendorong atau memundurkan piston rem dengan bantuan kunci roda,seperti gambar di bawah ini. Dorongan pelan sesuai arah panah pada kunci roda, akan membuat piston mundur, kalau di dorong keras akan percuma karena piston rem akan melawan.
Catatan mendorong piston dengan cara
dibawah jika terlalu keras dikhawatirkan akan membuat pen caliper bengkok
karena itu lebih disarankan untuk menggunakan spesial services tool
(SST) yang bisa di buat sendiri seperti gambar urutan no 3 diatas.
10. Pasang Brake pad yang baru, langkahnya kebalikan dari saat melepas pada point no 7 diatas, catatan jika brake pad menggunakan indikator jadi satu dengan kampas rem, taruh kampas rem dengan indikator ketebalan ini di bagian dalam.
10. Pasang Brake pad yang baru, langkahnya kebalikan dari saat melepas pada point no 7 diatas, catatan jika brake pad menggunakan indikator jadi satu dengan kampas rem, taruh kampas rem dengan indikator ketebalan ini di bagian dalam.
Jika kampas rem tidak terdapat
indikator artinya indikator ketebalan kampas rem ini tidak berupa plat yang
menjadi satu di belakang kampas rem,kampas rem bisa di taruh sembarang entah
bagian luar atau bagian dalam, biasanya ada indikator berupa kancingan plat
yang bisa dipasang bolak balik.
11. Turunkan caliper atau pasang
kaliper dan terakhir adalah memasang baut pen caliper.
12. Pasang roda dan hidupkan
mesin,jangan langsung jalankan mobil, kemudian tekan pedal rem beberapa kali,
sampai pedal rem terasa keras, yang artinya rem sudah bekerja dengan baik. Point
ini penting karena jika mobil langsung di jalankan sebelum pedal rem terasa
keras, kita akan kaget karena rem akan kosong seperti blong.
Semoga bermanfaat,bagi anda yang tidak mau repot
tentu saja lebih baik menyerahkan ke bengkel servis yang Anda percaya untuk
mengganti kampas rem
Tidak ada komentar:
Posting Komentar